Indonesia International Driving License - Dirving Permit

Menurut Wikipedia – SIM Internasional, SIM ini bisa dipakai di (hampir) semua negara. Setelah saya coba berkendara menggunakan SIM ini di beberapa negara, saya bisa ambil kesimpulan berikut:
  1. SIM internasional ini berlaku tiga tahun, tapi kita hanya diizinkan berkendara dengan SIM ini antara satu bulan hingga satu tahun sejak kedatangan kita di negara tujuan. Lebih dari jangka waktu yang ditentukan kita harus membuat SIM lokal.
  2. SIM internasional ini harus didampingi dengan SIM domestik kita, tanpa SIM domestik, SIM internasional tidak valid.
  3. Walaupun secara tertulis SIM internasional ini valid di beberapa negara, petugas di lapangan biasanya tidak semuanya mengerti akan keberadaan SIM ini, jadi siap-siap adu argumen mengenai masalah ini.
Bagaimana dengan keabsahan SIM ini di beberapa negara? Saya akan jelaskan sesuai dengan pengalaman pribadi.
  • Singapura. SIM Indonesia berlaku di Singapura(dan negara anggota ASEAN) selama satu tahun sejak kedatangan.
  • Malaysia. Sempat di-stop oleh polisi setempat, cukup tunjukkan SIM A Indonesia, mereka melepas saya :D
  • Vietnam. Saat naik motor, sempat di-stop oleh polisi setempat, dan tunjukkan semua dokumen termasuk SIM internasional, sempat terjadi adu argumen yang tidak saya mengerti sama sekali, akhirnya saya diloloskan.
  • Jepang. SIM domestik dan internasional Indonesia tidak berlaku di Jepang. Saat coba rental, dan masuk tahap verifikasi dokumen, mereka menolak saya mentah-mentah
  • Turki. Saat verifikasi dokumen untuk sewa mobil, SIM internasional tidak ditanya, sepanjang jalan tidak pernah di-stop.
  • Rusia. Untuk menyetir di Rusia, ada dua pilihan. SIM domestik dengan SIM internasional, atau SIM domestik dengan terjemahan bahasa Rusia + cap notaris. Sempat di-stop polisi, tidak ada masalah.
  • Kazakhstan dan Kirgizstan. Sama seperti Rusia, sering di-stopdan tidak ada masalah
  • Uni Eropa. Tiap anggota negara UE memiliki peraturan masing-masing tentang durasi SIM domestik(dan internasional) Indonesia. Contohnya, Belanda mengizinkan selama enam bulan, Perancis mengizinkan selama 1 tahun dan dihitung berdasarkan tanggal kita masuk ke kawasan schengen. Disini saya tidak pernah di-stop polisi :p
  • Inggris. SIM Indonesia berlaku selama 1 tahun, sempat beberapa kali di-stop dan tidak ada masalah.
  • New York State, U.S. SIM Indonesia dengan terjemahan / SIM internasional berlaku di New York State, saya tidak tahu untuk state lainnya.
Ada yang unik. Pertanyaan petugas setempat saat melihat SIM domestik Indonesia adalah kategori. Ya, sistem kategori SIM kita tentunya berbeda dengan sistem kategori negara setempat, dan disinilah fungsi SIM internasional yang menjelaskan kategori SIM yang kita punya sesuai dengan standar. Jika tidak ada SIM internasional, kita masih bisa meminta surat keterangan dari KBRI mengenai penjelasan kategori SIM domestik Indonesia.

Comments

Popular posts from this blog

REVIEW Pengalaman dengan agency Overseas Zone di Kelapa gading

Pengalaman dengan WallStreet English di Jakarta (BURUK)

Daftar Airport Lounge Indonesia dan Kartu Kredit