Penipuan berkedok transaksi yang mencurigakan dgn menggunakan kartu kredit

Penipuan berkedok transaksi yang mencurigakan dgn menggunakan kartu kredit.
Berhubung banyak dari teman-teman dan saudara yg menginginkan saya menceritakan kronologi dari aksi penipuan tersebut di atas
supaya banyak yang terhindar dari penipuan yang termasuk baru ini.
Kronologinya sbb:
Ada transaksi online tanggal 12 Juli 2018 yang mencurigakan yang meminta otorisasi 6 digit Angka (seperti biasanya bila kita melakukan transaksi pembayaran melalui kartu kredit) di handphone saya,
SMS nya berasal dari no Telp BCA 1500888, yang kebetulan saya memiliki kartu kredit BCA.
Transaksi onlinenya ada 7 kali, semuanya masing-masing bernilai sama sebesar Rp. 993.863.

Kemudian saya diamin SMS yang masuk itu.
Tidak lama kemudian ada telp dari "customer service" BCA no nomor yang muncul di HP saya : +1500888
Terjadi percakapan berikut ini:
CS : Selamat Malam Pak, saya dari customer service BCA, ingin mengkonfirmasi ada transaksi yang bernilai Rp. 993.863 berturut-turut. Apakah benar Bapak melakukan transaksi ini?
Saya : Tidak, saya tidak pernah melakukan transaksi itu dan apalagi sampai berkali-kali.
CS : Kalo begitu transaksi itu bisa dibatalkan pak. Apakah bapak mau membatalkan transaksi2 itu ?
Saya : Kalo transkasinya gantung begitu ya harus dibatalkan, apalagi saya tidak melakukannya.
CS : Baik kalo begitu. Kita melakukan persamaan data terlebih dahulu pak.
Kemudian saya melihat kembali No telp yang masuk itu, sebelum melakukan validasi data.
Dan kebetulan bulan lalu saya telat bayar kartu kredit BCA dan saya meminta keringanan untuk penghapusan denda dan biaya administrasi.
Jadi no telp BCA saya masih Hafal. Saya ingat No telp BCA tidak ada "+" di depannya.
Saya agak curiga dan kemudian terjadi pembicaraan sbb:
Saya : Pak, gini aja saya yang akan telp ke no telp CS nya BCA.
CS : tidak perlu pak, ini kan emang no Telp BCA. Bapak tidak perlu menghabiskan pulsa.
Saya bersikeras untuk menelpon no kontak CS nya BCA.
CS : urusannya biar cepat pak.
Saya : tidak, saya akan telp ke no CS BCA sekarang ya, ok?.
akhirnya orang itu nyerah.
CS : silahkan telp aja kalo gitu pak.

Setelah itu, saya benar2 menelpon nomor CS BCA : 1500888 (yg tidak ada tanda"+" di depannya)
dan melakukan pengecekan terhadap kartu kredit BCA saya. ternyata tidak ada transaksi2 itu.
kemudian CS BCA meminta saya untuk melakukan pengecekan pada tabungan dan ternyata semuanya aman.
Saya menceritakan ini semua ke CS BCA yg asli.
Dan ditanggapi dgn serius.

Point-point penting dari kasus saya ini :
- No telp kartu kredit setiap bank tidak pernah dimulai dengan tanda "+". Tanda "+1500888" artinya berasal dari negara lain.
- Jangan panik dan gegabah karena adanya transaksi2 yang menggunakan kartu kredit kita, sehingga kita terjebak untuk memberitahu data2 kartu kredit kita.
- Jangan pernah memberitahu data-data kartu kredit yang diminta CS palsu, terlebih-lebih 3 digit belakang kartu kredit.
- Sebisa mungkin telp kembali ke CS bank yang bersangkutan, untuk memastikan kebenaran transaksi2 itu, jangan pelit pulsa.
- Kejadian ini bisa terjadi untuk pemegang kartu kredit selain dari Bank BCA, karena No telp CS nya pasti dimulai dgn nomor 150xxxx

Untuk meningkatkan kewaspadaan dan supaya tidak ada kerugian yang terjadi pada teman dan saudara kita, mohon dishare kejadian ini.

Terima kasih.

Comments

Popular posts from this blog

REVIEW Pengalaman dengan agency Overseas Zone di Kelapa gading

Pengalaman dengan WallStreet English di Jakarta (BURUK)

Daftar Airport Lounge Indonesia dan Kartu Kredit