Honey, Royal Jelly dan Bee Pollen

Dalam perjalanan ke Bangkok-Pattaya, salah satu tujuan kunjungan adalah Thepprasit Honey Farm & Shops. Mengapa kunjungan ini sangat mengesankan buatku? Karena saya mendapat banyak tambahan wawasan dan ilmu pengetahuan di sini. Produk utama Thepprasit adalah madu, royal jelly dan bee pollen. Apa perbedaan ketiga produk tersebut?
1. Thepprasit Honey 100%
Mengetest madu-jika ditarik tak putus berarti asli dan matang
Mengetest madu-jika ditarik tak putus berarti asli dan matang
Pemilik menjamin bahwa madu yang dihasilkan merupakan madu asli dan matang. Madu ekstrak alami ini berasal dari tumbuh-tumbuhan bunga di wilayah pegunungan segitiga emas. Justru madu dari bunga opium warna merah yang hasilnya paling bagus.  Madu asli dan matang diperoleh dari sarang lebah yang telah tertutup 100 % oleh lapisan lilin. Pada madu yang asli dan matang, maka gula menjadi glukosa, dan bisa diminum oleh orang yang diabetes.
Untuk mendapatkan madu yang asli dan matang diperlukan waktu sekitar 2 (dua) bulan. Apabila melebihi dua bulan, maka lebah akan memakan madunya, karena musim berbunga telah usai. Madu dapat disimpan di suhu kamar atau di kulkas.
Khasiat lain dari madu:
  1. Bagus untuk menambah stamina
  2. Apabila sakit batuk, maka madu diminum dengan ditambah ditambah air panas dan diberi jeruk nipis
  3. Untuk sakit tenggorokan, madu dapat langsung diminum
  4. Dapat cepat menutup luka, dan bekas luka mengecil
  5. Dioleskan pada sariawan atau luka pada gusi
  6. Dapat meningkatkan daya ingat.
How to test honey
How to test honey
Bagaimana cara menguji, bahwa madu asli dan matang?
  • Apabila madu ditarik, tak putus-putus
  • Jika madu dioleskan pada kertas tisu, maka tidak tembus (coba oleskan air pada tisu, maka tisu akan basah)
  • Apabila air ditambahkan pada madu, tidak akan langsung menyatu
  • Apabila madu ditambahkan pada air dengan volume yang pas, rasanya menjadi asam.
Madu asli dan matang diambil dari sarang lebah yang telah 100% tertutup lapisan lilin
Madu asli dan matang diambil dari sarang lebah yang telah 100% tertutup lapisan lilin
2. Royal Jelly
Para ahli mengenal royal Jelly sebagai ekstrak susu lebah, dan dihasilkan dari ratu lebah. Dalam setiap sarang lebah, hanya ada satu ratu lebah. Penyimpanan royal jelly sebaiknya di freezer (bisa bertahan 2 tahun), di kulkas biasa bertahan 3 bulan, dalam foam box bertahan 2 minggu. Royal Jelly dipercaya bekerja di dalam tubuh secara alami melalui proses metabolisme dan sistem syaraf, khasiatnya antara lain:
  1. Meningkatkan daya tahan tubuh
  2. Untuk penderita yang kekurangan nutrisi atau gizi
  3. Berguna untuk anak-anak dalam masa pertumbuhan dan menjadi tinggi
  4. Untuk yang mengalami kelelahan mental, fisik dan stres
  5. Untuk meningkatkan kesuburan, serta gejala menopause dini
  6. Para ahli menamakan royal jelly sebagai pembersih darah untuk menolong membalans kolesterol dan hipertensi.
Cara menggunakan:
  • Untuk diminum, royal jelly sedikit ditambah madu, air atau susu, atau minuman lain,  bisa langsung diminum. Untuk anak-anak, royal jelly dicampur dengan madu, disimpan dalam kulkas, untuk diminum setiap hari (untuk anak-anak royal jelly sekitar 1-3 gram).
  • Untuk masker wajah: oleskan dimuka selama 20 menit, cuci dengan air biasa, sebagai pelembab dan menghilangkan keriput. Sebelum dipakai, test dulu dengan mengoleskan di tangan, apakah ada alergi.
Catatan:
Royal Jelly rasanya asam dan pedas di tenggorokan. Dicoba dulu dengan sedikir air sebelum meminum dosis yang ditentukan. Penderita asma dianjurkan untuk konsultasi dengan dokter, karena bisa menyebabkan alergi.
Dari pengalaman, sebaiknya ambil royal jellynya sedikit saja, baru dicampur dengan madu dan air. Rasanya asam, jadi saat pertama kali saya merasa agak mual, jadi di coba sedikit sekali dulu, apalagi harganya mahal (1 botol 250 gram harganya 2200 bath).
3. Bee pollen
Bee pollen adalah hasil kerja keras lebah yang mengumpulkan madu sari dari bunga liar di pegunungan segitiga emas. Bee pollen menyediakan nutrisi bagi kesehatan dan pertumbuhan lebah. Pollen adalah “superfood” berkonsentrasi tinggi, yang mengandung nutrisi kompleks berkualitas tinggi. Penyimpanan bee pollen di tempat kering dan dingin, jauhkan dari kelembaban dan cahaya matahari langsung.
Khasiat bee pollen (rasanya seperti wijen):
  • Gangguan pada saluran pencernakan, menstruasi yang tidak teratur
  • Gangguan pada THT
  • Memperhalus kulit dan mencegah kerontokan
  • Gangguan pada kelenjar prostat, mencegah sering kencing pada malam hari
  • Untuk diet, dicampur dengan jus buah atau makan dengan buah segar. Serat buah mengaktifkan kembali khasiat bee pollen
  • Untuk sinusitis, dilarutkan dalam air hangat, minum 2 kali sehari
Catatan:
Saya bukan agen thepprasit, namun kunjungan ke Thep parasit Honey membuka wawasan saya, bagaimana cara mengetahui madu yang asli dan matang. Kesulitannya, kita tak mungkin mengecek apakah madu dari lebah tersebut dipanen saat benar-benar seluruh sarangnya tertutup oleh lilin 100 persen, namun ternyata kita dapat mengecek apakah madu yang kita beli asli dan matang dengan berbagai prosedur tersebut. Dan madu yang asli ternyata tidak manis, ada rasa asamnya…..kesimpulan saya, selama ini saya salah membeli madu, karena terlalu manis, sehingga ada kemungkinan banyak gulanya.
Sedangkan royal Jelly, saya baru mengetahui kegunaannya sekarang. Saat saya coba di rumah, saya mengharap hasilnya lebih bagus…ternyata setelah dicampur madu rasanya asam, dan perut agak mual. Setelah saya ingat-ingat kembali, saat kami datang ke thep prasit Honey shops, royal jelly yang diambil hanya sepucuk sendok kecil, kemudian dicampur dengan madu dan air…rasanya segar apalagi jika minumnya dingin. Jadi, saran saya, jika mau minum royal jelly, ambil setetes royal jelly, diberi madu dua sendok, baru air dingin segelas kecil…kocok, baru diminum. Yang sudah saya coba adalah kegunaan royal jelly untuk masker wajah, di kulit terasa kencang dan segar…..royal jelly dioleskan pada wajah yang sudah bersih, diamkan sekitar 20 menit, baru dibersihkan dengan air dingin.

Comments

Popular posts from this blog

REVIEW Pengalaman dengan agency Overseas Zone di Kelapa gading

Daftar Airport Lounge Indonesia dan Kartu Kredit

Pengalaman mengajukan Visa Australia - granted